Profil Balai
Balai PU SDA dan Penataan Ruang - Progo Bogowonto Luk Ulo

Kantor Balai Pekerjaan Umum Sumber Daya Air dan Penataan Ruang Progo Bogowonto Luk Ulo, suatu UPTD dari Dinas Pekerjaan Umum Sumber Daya Air dan Penataan Ruang Jawa Tengah, Balai Pekerjaan Umum Sumber Daya Air dan Penataan Ruang Progo Bogowonto Luk Ulo dengan wilayah kerja meliputi : Sebagian Kabupaten Wonosobo, Sebagian Kabupaten Temanggung, Kabupaten Magelang, Kabupaten Purworejo, sebagian Kabupatan Kebumen dan Kota Magelang. Adapun luas wilayah Kerja Balai Pekerjaan Umum Sumber Daya Air dan Penataan Ruang Progo Bogowonto Luk Ulo 4.694,50 km2 terdiri dari 6 Daerah Aliran Sungai (DAS).

Sejarah

Meningkatnya jumlah penduduk, berkembangnya peradaban dan terganggunya program swasembada pangan menyebabkan kebutuhan akan air semakin meningkat pada masa mendatang. Terjadinya konflik kepentingan diantara berbagai pengguna air yang kesemuanya harus dipenuhi sesuai dengan waktu, ruang, jumlah dan mutu.

Untuk terselenggaranya tata pengaturan air yang baik, pengelolaan sumber daya air harus dilakukan secara melembaga sampai pada tingkat Wilayah Sungai. Sumber daya air merupakan potensi nasional yang harus dikembangkan dan dikelola secara bijaksana sehingga dapat dimanfaatkan sebesar-besarnya bagi kemakmuran rakyat, baik untuk kepentingan generasi sekarang maupun generasi mendatang. Air dapat menimbulkan konflik antara pengguna sehingga dapat menjadi potensi disintegrasi bangsa. Oleh karenanya, sumber daya air mempunyai peran strategis dalam pembangunan nasional yang berkelanjutan sehingga kegiatan pelestarian dan konservasi sumber daya air merupakan kegiatan yang harus menjadi komitmen nasional.

Link Balai PUSDATARU Jawa Tengah

Beranda


Kirim saran/ informasi/ pengaduan
tentang Sumber Daya Air di Progo Bogowonto Luk Ulo
follow us